Saturday, May 18, 2013

Perjalanan Tugas Akhir (1)

Gue pengen mengabadikan kegiatan yang terjadi selama tugas akhir alias skripsi gue.

Tema skripsi gue adalah tentang material komposit aluminium tahan peluru. Wow! Keren kan? Komposit adalah material yang terdiri dari dua atau lebih jenis material, contoh logam-keramik, logam-polimer, dst. Komposit terdiri dari matriks dan penguat (reinforcement). Nah di tugas akhir ini, matriks-nya adalah logam Al-Zn-Mg-Si-Cu dan penguatnya adalah zirconia, ZrO2 (keramik). Gue dapet tema ini dari profesor gue, Prof. Bondan, guru besar di bidang aluminium.

Ngerjain skripsi itu ga asik kalo sendiri, ga rame, hehehe. We work in a team, ada gue, Rio Kharizma Agrista, Dian Try Saputri, Ghozali Suprobo, I Made Binar Andromeda. Tugas akhir ini termasuk spesial bagi gue, karena Rizky Nur Fadhillah is in the team too! (Yeaaay!!)

Februari kemarin udah mulai pertemuan rutin sama dosbing untuk diskusi studi literatur. You know what? Sejak itu gue ngerasa yang namanya review jurnal itu ga berat, tapi enteng, hohoho. Sesuai timeline, kita bakalan mulai ngecor setelah UTS, akhir April, tapi ngaret brooo. Ntar semester 7 tinggal nulis aja daaaan lulus deh (amin!).

Sekarang aja nih (udh bulan Mei loh) kita BARU MULAI motong sampel hahahaha. Baru magnesium, Mg, tok pula. Masih ada zinc, pure Al, dan Al-7Si yang menunggu untuk dipotong. Aaaa! (we still have time. Tenang tenang). Mana tadi pake ada kejadian salah bikin data Mg dan berakibat salah nimbang (si Dian nih yg bikin, mwehehehehe).

So far, dari tugas akhir ini gue bisa tau harga-harga material logam.
Magnesium Rp. 50.000/kg
Tembaga Rp. 120.000/kg
Zirconia Rp. 4.200.000/kg

Mahal ye tugas akhir ini (ngeliat harga zirconia yang "ih-wow"). Alhamdulillah dosbing punya dana hibah riset, jadi mahasiswa ga keluar duit utk material, bahan, dan pengujian :)
Gue juga jadi tau kalo ada yang namanya Glodok di dunia ini! Tempat shopping material. Really ada LTC, mall jualan logam (amazed!)

No comments:

Post a Comment